Best Practice Guide untuk menjalankan JAVA di atas VMware vSphere

vSphere saat ini sudah sangat bisa diandalkan untuk dapat menjalankan berbagai macam Business Critical Applications, dari berbagai macam programming language seperti Java, .NET, dan lain-lain. Database system dengan load yang tinggi seperti Billing, Analytics, dan lain-lain juga dapat didukung dengan sangat baik di vSphere baik menggunakan Oracle Database, SQL Server, dan lain-lain. Selain dapat memberikan performance yang baik, benefits terbesarnya yaitu mekanisme High Availability, dan mekanisme Operational serta Management yang lebih advanced untuk monitor kesehatan dari aplikasi ini. Best practice guide khusus untuk Java ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara umum, diantaranya adalah penggunaan memory pada Java Virtual Machine.

  • Sizing ukuran dari Memory yang ada di Virtual Machine untuk mencukupi konfigurasi dari Java Heap, dan memory yang dibuhkan oleh code dari JVM, serta beberapa memory lain yang sedan diproses oleh Guest Operating System tersebut.
  • Set  ukuran dari Memory Reservation di Virtual Machine tersebut sebesar memory yang dibutuhkan sesuai perhitungan diatas, atau set keseluruhan reservation dari size virtual machine tersebut (selama melebihi dari point diatas tadi). Ini disebabkan jika terjadi memory swapping, maka performance JVM heap akan turun terutama pada proses Garbage Collection.
  • Tentukan jumlah yang optimal dari virtual CPU pada virtual machine tersebut  dengan melakukan pengetesan dengan beberapa konfigurasi vCPU menggunakan load yang sama.
  • Jika menggunakan beberapa threads dalam proses Garbage Collector di JVM, maka pastikan bahwa jumlah thread tersebut adalah sejumlah besaran virtual CPU yang dikonfigurasikan di virtual machine.
  • Untuk mempermudah monitoring dan maintenance, sebaiknya gunakan satu buah JVM process per- virtual machine.
  • Selalu nyalakan Balloon Driver, karena jika terjadi overcommitment maka virtual machine dapat mengatur memory-nya dengan mekanisme ini.

Secara summary, tuntunan best practice guide ini dapat didownload dari link ini:

PS:
– Pada posting saya sebelumnya, saya sempat mengulas mengenai Best Practice untuk menjalankan Oracle Database diatas vSphere. >> http://bicarait.com/?s=oracle+database

Be Sociable, Share Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on FacebookEmail this to someone