Di dalam Lingkungan Kerja IT, kami lebih memilih memiliki Super Team daripada seorang Super Man!

Di dalam tim Scrum kami, “kalau boleh memilih” (kami memang bisa memilih, ‘coz life is a choice)….. Maka, kami lebih memilih untuk bekerjasama dengan orang yang memiliki perilaku SuperTeam daripada SuperMan. Jika seseorang tersebut adalah seorang SuperMan, maka yang bersangkutan harus dapat menularkan ke-”Super”-annya kepada seluruh anggota Team, sehingga team-nya juga menjadi Super :)

Mengapa kami tidak perlu seorang Superman? Karena, kami tidak ingin menggantungkan “leher” kita ke satu orang saja yang memegang seluruh “sistem” yang ada. Sehingga transparansi akan sangat penting bagi seluruh tim. Transparansi apa yang dikerjakan oleh tiap2 orang, transparansi bisnis proses yang diimplementasikan, transparansi teknologi yang digunakan, sehingga diharapkan seluruh tim memiliki pemahaman yang sama dan akhirnya akan bisa menjalankan tugas secara Cross Functional dan saling mengisi serta membantu. YES, Communication does Matter! (the ability to communicate effectively with each other is important)

Jika dilihat dari kacamata stakeholder, maka SuperTeam ini akan menjamin kelangsungan bisnis yang dijalani karena kehilangan salah satu personel (mis: sakit, cuti, dll) tidak akan mengganggu bisnis yang sedang berjalan.

Lalu bagaimana jika mekanisme ini membuat orang tersebut tidak ingin berkembang? Alasannya karena “takut” jika dia jadi SuperMan maka akan ada effort menularkan ke-”super”-annya ke anggota tim yang lain? Well, continuous improvement is really important in Scrum Environment Team. Seseorang harus berkembang, dan wajib berkembang!

Dalam setiap Retrospective Meeting selalu diharapkan ada gagasan2 baru baik dari sisi proses, metodologi, maupun teknologi. Lagipula jika seseorang menjadi seorang Superman akan sangat baik bagi yang bersangkutan, dan juga akan menjadi nilai tambah penilaian bagi perusahaan, tetapi nilai itu akan bisa dihitung/berlaku ketika dia bisa mengimplementasikan ke dunia nyata dan menularkan kepada anggota tim yang lain. Coz, we are in this together.

So, Happy Scrumming Guyz :)

Be Sociable, Share Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on FacebookEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published.


%d bloggers like this: