IBM vs ORACLE vs HP : Pertarungan Sengit penuh Strategi dan Inovasi !

Setelah berkecimpung di dunia IT selama sekian lama ini, pasti kita para professional IT tahu bahwa sepanjang kaki kita melangkah di dunia IT Enterprise, pasti selalu ketemu dengan 3 vendor besar ini yang saling sikut menyikut karena mereka bermain pada bidang yang sama baik Hardware maupun Software.

Selain ada competitor-competitor lainnya seperti Microsoft, Google, SAP, F5, CISCO, dll. Tapi tidak ada selain 3 vendor besar tersebut yang sedang menjajaki TOTAL SOLUTION END TO END untuk Network, Hardware, Software, bahkan resources (Managed Service).

Saya sering sekali bertemu dengan 3 vendors besar ini baik ketika akan menjajaki Infrastructure maupun Software. Saya akan coba melakukan sedikit review mengenai persaingan dari ketiga vendor ini menurut kacamata saya pribadi.

Selain yang secara umum terlihat 3 vendor ini bersaing ketat sekali di Hardware, tidak diragukan juga bahwa mereka saat ini juga bersaing dengan ketat di solusi Software. Bahkan ketiganya saat ini sudah punya product Bundling Solution sendiri-sendiri. Untuk product bundling solution ini, ORACLE lebih unggul diantara yang lain dengan inovasi terbaru mereka yaitu EXADATA dan EXALOGIC.

Kalau kita lihat resources yang ada di Internet, pasti selalu ada yang mengatakan dirinya lebih unggul dibanding yang lain. Seperti kalau baca di website HP pasti informasinya HP lebih unggul dibanding IBM and Oracle, lain lagi kalau kita lihat di website IBM atau di website Oracle, padahal topik pembahasannya sama. Yang lebih independent yang bisa dipegang saat ini adalah kajian dari GARTNER.

Btw, enough about chit chat diatas. Berikut ini saya coba sampaikan Matriks scope permainan dari 3 vendor ini baik dari solusi Hardware maupun Software, untuk melihat bahwa mereka sedang bertarung memperebutkan “KUE” yang sama. Sehingga intinya adalah INNOVATION dan kedalaman discount-lah yang nanti akan sangat berpengaruh… 🙂

Kue yang sama yang sedang diperebutkan adalah :

– Software : Operating System, Database System, Application Container Software, SOA Software, IT Governance Software, Business Planning Software, Application Lifecycle Management Software, IT Operations Software, Information Management Software, Asset Management, Business Analytics Software, Collaboration Software, Content Management Software, Portal Software, dan lain-lain.

– Hardware : Blade Server, Rack Server, Cloud and Virtualization, Storage, Backup Library, High End Server, dan lain-lain

Table Matriksnya serta detail product yang berkompetisi menyusul. Belum selesai dibuat euy.

Be Sociable, Share Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on FacebookEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published.


%d bloggers like this: