BAGAIMANA MEMILIH PEMINATAN DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA?

Saya sempat mendapatkan pertanyaan dari adik sepupu saya yang sedang berkuliah di salah satu perguruan tinggi IT yang terkenal di Jakarta dan semakin lama saya lihat semakin baik kualitasnya (BINA NUSANTARA, red). Pertanyaan ini adalah merupakan pertanyaan yang sering menjadi pertanyaan mendasar bagi para mahasiswa dalam menjalankan tugas utama mereka saat ini yang sedang belajar berusaha menggapai jalan meretas masa depan mereka.

Pertanyaannya adalah = Sebaiknya ambil peminatan yang mana ya di semester 5 ini?

Yup, pertanyaan yang sering sekali ditanyakan sejak jaman SMA. Dulu…, ambil jurusan apa ya? (waktu kelas 2 SMA). Lalu waktu lulus SMA, ambil jurusan apa ya nanti waktu kuliah. Sekarang sudah kuliah, ambil peminatan apa ya? …. Dst

Di kampus tempat adik saya kuliah ini, dia mengambil jurusan Teknik Informatika. Peminatan lanjutannya saat ini terbagi menjadi lima kategori, yaitu :
1). Artificial Intelligence
2). Computer Network
3). Multimedia System
4). Database
5). Software Engineering

Saat ini dia sedang berpikir keras (I assume), tapi menurut saya seharusnya tidak perlu bingung. Jawabannya simple: LEBIH SUKA YANG MANA? –> LOVE WHAT YOU DO + DO WHAT YOU LOVE!

Hmmm… ternyata tidak semudah itu ya kenyataannya 🙂 Karena akan jadi masalah adalah jika sampai saat itu kita belum bisa menentukan suka yang mana. Saya coba menjawab secara SINGKAT dan tidak mendetail, saya berusaha netral karena sejujurnya dari 5 pilihan yang diberikan (masih ada pilihan lain, tapi di BINUS hanya ada 5 pilihan itu), seluruh pilihan itu PASTI BAIK jika kita menjalankannya dengan serius. Tidak ada yang jelek, dari 5 pilihan itu semuanya memiliki kesempatan untuk menjadi besar.

1). INTELIJENSIA BUATAN (Artificial Intelligence)

  • Penjelasan dan Apa yang dipelajari:
    Seperti dengan judulnya, ilmu ini adalah untuk membuat otak buatan. Yaitu robot. Turunannya akan ada banyak, seperti microcontroller, alat-alat mekanik, mesin pintar, dan lain sebagainya.
  • Trend saat ini dan Key Success Factor:
    Contohnya saat ini kita membutuhkan mesin-mesin pintar, seperti pembuatan alat pembaca meteran (listrik, internet, air, komunikasi, dll) yang memiliki fitur cerdas mengatur kapasitas dinamis, mekanisme macam2 alert, pengiriman data via rute tercepat, dll.
  • Peluang kerja atau bisnis :
    Bisa bekerja di perusahaan microcontroller, permainan (ex: Time Zone), lembaga riset, laboratorium robot, perusahaan otomotif, dan lain-lain.
  • Challenge :
    Masih sedikit peluang pasar yang ada. Kemampuan untuk bersaing dengan teknologi negara-negara maju
2). JARINGAN KOMPUTER (Computer Network)

  • Penjelasan dan Apa yang dipelajari:
    Salah satu materi yang akan dipelajari di ilmu ini yaitu membedah secara detail teknlogi dunia virtual yang kita jalankan saat ini yaitu INTERNET. Mempelajari mengenai mekanisme N/W secara detail. Seperti OSI layer, TCP/IP, DNS, Proxy, Fiber Optic, router, hardware dan software jaringan, security, dan lain-lain. Selain itu juga membedah teknologi komunikasi analog digital, voice, data, wireless, wimax, 3G, HSDPA, H323, dan lain-lain.
  • Trend saat ini dan Key Success Factor:
    Sangat nge-Trend, Teknologi Internet dan Komunikasi baik data dan voice is always booming dan memiliki turunan yang sangat banyak. Seperti performance, scalability, security, content, konfigurasi, dan lain-lain. Key Success Factor adalah kemampuan untuk mendalami banyak teknologi telekomunikasi, jaringan, security yang ada dan dikombinasikan dengan kemampuan menjadi seorang System Administrator (untuk operating system Windows / Linux / Solaris, dll).
  • Peluang kerja atau bisnis :
    Perusahaan jaringan internasional (Cisco, Huawei, Ericsson, Nokia, Siemens, dll), perusahaan seluler (XL, Telkomsel, Hutchinson, dll), perusahaan komunikasi (icon+, BizNet, Lintas Artha, dll).
  • Challenge :
    Peluang pasar yang banyak dengan peminat dan saingan yang banyak, teknologi yang banyak dan selalu berkembang, experience does matter in here.

3). SISTEM MULTIMEDIA (Multimedia System)

  • Penjelasan dan Apa yang dipelajari:
    Semuanya tentang multimedia (Movie, Graphic Designer, Music Arranger, Animation, Photos, Video Editing, Flash Designer, Web Designer, dll). Menurut saya, yang sukses di bidang ini adalah orang yang memiliki daya seni yang cukup tinggi dan memiliki Hobby di bidang ini.
  • Trend saat ini dan Key Success Factor:
    Flash Designer saat ini masih menjadi trend yang cukup banyak dicari, untuk membuat web design, interactive e-learning, dan product portfolio maupun business intelligence presentation. Key success factor untuk bertahan di bidang ini adalah Hobby dan Minat yang tinggi terhadap seni dan keindahan.
  • Peluang kerja atau bisnis :
    Seni tak akan pernah hilang. Batasannya pun tidak ada. Seni juga relatif. Jadi kesempatan berkarya di bidang ini juga luas, terutama untuk membuka bisnis baru. Atau bisa juga berkesempatan berkarya di perusahaan advertising, multimedia, televisi, radio, production house, dreamworks, disney, dan lain-lain.
  • Challenge :
    Melihat kemampuan film-film Box Office saat ini yang banyak menggunakan teknologi CGI yang halus, seperti Avatar, UP 3D, 2012, maka dapat dilihat persaingan dan kecepatan teknologi ini berkembang. Tinggal bagaimana kita dapat mengikuti perkembangan tersebut agar tidak tertinggal.

4). BASIS DATA (Database)

  • Penjelasan dan Apa yang dipelajari:
    Seluruh bidang saat ini membutuhkan tempat penyimpanan data. Ilustrasinya adalah, sebanyak kertas yang anda lihat saat ini, kurang lebih sebanyak itulah data-data tersimpan… Bahkan jauh lebih besar! Yups, basis data adalah ilmu tentang bagaimana kita mengatur bagaimana informasi-informasi dapat diambil dari data-data yang tersimpan. Membuat data-data menjadi reliable, accurate, dan scalable serta memiliki performance yang tinggi adalah menjadi tantangan tersendiri bagi DBA (Database Administrator).
  • Trend saat ini dan Key Success Factor:
    Oracle, SQL Server, MySQL, PostgreSQL, Sybase, dll adalah pemain-pemain teknologi database yang mendunia saat ini. Data-data menjadi sangat vital saat ini, dan kemampuan mengelola database menjadi harga yang sangat mahal untuk dibayar.
  • Peluang kerja atau bisnis :
    Seluruh perusahaan apapun (skala SME maupun Enterprise) di dunia saat ini pasti membutuhkan tempat penyimpanan data. Contohnya menyimpan data transaksi telpon, data transaksi listrik, transaksi keuangan, trasaksi jual beli, asset, dan sebagainya. Perusahaan seperti Telkomsel, XL, Bank Indonesia, Pertamina,  Google, dan lain sebagainya sangat membutuhkan jasa penyimpanan data.
  • Challenge :
    Membuat atau mengkonfigurasi database memiliki tingkat Skalabilitas (data dengan ukuran yang sangat besar, ex:google), tingkat Reabilitas (memiliki informasi yg benar dan akurat), High Performance (kecepatan yang tinggi), dan High Availability  (memiliki tingkat ketersediaan yang tinggi dengan mekanisme DRC), menjadi tantangan yang mutlak harus dipenuhi oleh DBA.

5). REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering)

  • Penjelasan dan Apa yang dipelajari:
    Membuat software! Yups, ini adalah seni untuk membuat perangkat lunak. Seperti membuat aplikasi-aplikasi Perbankan, aplikasi Perhitungan, aplikasi Finansial, aplikasi Kolaborasi, aplikasi Telekomunikasi, dan lain sebagainya. Intinya adalah menyederhanakan Bisnis Proses yang terjadi dalam lingkungan nyata menjadi sebuah aplikasi yang terotomatisasi dan diharapkan dapat memperbaiki dengan sangat signifikan proses-proses yang berjalan secara manual tersebut.
  • Trend saat ini dan Key Success Factor:
    Banyak bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi saat ini yang sedang trend, diantaranya adalah JAVA, Visual Studio.NET (C#, VB, J#, C++), PHP, Ruby, Python, dll.  Kemampuan analisa yang kuat dan kemampuan memahami proses bisnis dan SDLC (Software Development Life Cycle) menjadi hal yang mutlak disini selain kemampuan Algoritma Pemrograman dan pemahaman workflow serta struktur proses yang akan dibuat.
  • Peluang kerja atau bisnis :
    Sangat Luas! Ini adalah pasar yang paling banyak kesempatan dan peminatnya. Kemungkinan membuat bisnis dengan cara membuat perusahaan software di bidang ini juga sangat besar. Perusahaan Software yang saat ini juga sudah terkenal sangat banyak (icon+, Jatis, Balicamp, Microsoft, Fujitsu, IBM, dan lain-lain). Atau saat ini banyak juga perusahaan yang membuat perangkat lunaknya sendiri seperti Bank Bukopin, Bank Mandiri, Unilever, Pertamina, Telkom, dan lain-lain.
  • Challenge :
    Persaingan sangat ketat di bidang ini. Teknologi sangat cepat berkembang, dan kemampuan mentransformasikan bisnis proses menjadi sebuah perangkat lunak adalah kepuasan tersendiri karena dapat sangat membantu orang banyak. Tetapi harus diingat, bahwa pasar selalu terbuka sangat lebar.


Saat ini menurut saya (personal oppinion of course, jika ingin di-ranking dari kesempatan kerja digabung dengan besarnya sallary/penghargaan yang akan didapat), maka urutannya adalah sbb : 1). Computer Network, 2). Database Administrator, 3). Software Engineering, 4). Multimedia System, 5). Artificial Intelligence. Tetapi sekali lagi, kemampuan serta pengalaman dan hasil karyalah yang lebih menentukan, bukan urutan rangking diatas!

Sekedar catatan, sepanjang kita hidup pasti kita akan selalu menghadapi pertanyaan-pertanyaan pilihan, apapun itu. Menurut saya, beranilah memilih dan yang penting adalah mental yang kuat untuk mempertanggungjawabkan pilihan yang telah kita buat)
Intinya : SELAMAT MEMILIH!

PS: Teman saya Ifnu Bima menulis salah satu presentasi bagus mengenai hal ini dengan judul mau jadi apa? (https://www.slideshare.net/ifnu/seminarsoftwaredevelopment040507) Silahkan dilihat juga. Thanks.

Article Update in 4 March 2022:

  • Since this initial article was written in 17 March 2010 (a decade ago!), I think some of these writings are not updated yet in today’s world 2022. But, this is the condition that was happened in 2010.
  • For 2022, some of the trends have changed. I will write the new article to talk about this in my other post. As of now, these are the trends that I see now (& next 3 years from now):
    (1) Artificial Intelligence & Machine Learning
    (2) Big Data & Analytics
    (3) Internet of Things
    (4) Virtual Reality & Augmented Reality
    (5) Blockchain
    and on top of everything else above are Cloud Computing & Application Development

Article Update in 21 August 2022, based on one of my response to a comment from the reader:

1. Cyber Security
Definitely important, security is the JOB 0 in every industry. In every company, there will be security expert with special skills to help them guard the environment (data will not be stolen, system will not be hijacked, web can not be DDOS-ed, etc). This skill is super important and will not be disappear in the future. You need to be able to read a lot, and to up-to-date to new, hands on skills, and be persuasive but hard on your decision (because usually you will be the “guard” of the business)

2. Programming Expert
This is a never ending requirement. If you would like to have biggest opportunity in the market, this is the subject that you need to be. But, please realize this role is not for everyone. You need to be creative, discipline, love what you do, be logical, love to learn and be curious all the time. The competition for this role are a lot! But, the opportunities also a lot!

3. Artificial Intelligence
Wahhh.. this is the most exciting subject if you are a dreamer! You must be good at imagining, visualizing, math, logic and love data! Because this subject needs data compilation, statistic, and the ability to see insights that no other can see. This will be the future. Someday the world will be like Ready Player One movie, and you will see AI everywhere. Don’t be late in your journey.

Hope all the best for your journey!

You may also like...

2 Responses

  1. Tama says:

    Hello Mr.Doddi! I’ve been read for your article since 2 years ago before i get into a collage. Then now on 2022 i must to choose 1 of 3 collage majors option (informatics engineering) ,but i dont know what should i choose. The first option is “Cyber Security” second option is “Programming Expert” and the last one is “Artificial Intelligence”. Please Mr, recommends me what should i choose between of 3 option above for next 5 or 7 year. But based on your update, “AI” is one of them, and then should i choose “AI”?I still confuse… thanks a lot Mr.

    • doddi says:

      Hi Tama, thanks for reading this article. Definitely the answer will be back to your decision, but here are some perspective as today’s trend from your 3 options above.
      1. Cyber Security
      2. Programming Expert
      3. Artificial Intelligence

      Here are some trends and importance of these subjects:
      1. Cyber Security
      Definitely important, security is the JOB 0 in every industry. In every company, there will be security expert with special skills to help them guard the environment (data will not be stolen, system will not be hijacked, web can not be DDOS-ed, etc). This skill is super important and will not be disappear in the future. You need to be able to read a lot, and to up-to-date to new, hands on skills, and be persuasive but hard on your decision (because usually you will be the “guard” of the business)
      2. Programming Expert
      This is a never ending requirement. If you would like to have biggest opportunity in the market, this is the subject that you need to be. But, please realize this role is not for everyone. You need to be creative, discipline, love what you do, be logical, love to learn and be curious all the time. The competition for this role are a lot! But, the opportunities also a lot!
      3. Artificial Intelligence
      Wahhh.. this is the most exciting subject if you are a dreamer! You must be good at imagining, visualizing, math, logic and love data! Because this subject needs data compilation, statistic, and the ability to see insights that no other can see. This will be the future. Someday the world will be like Ready Player One movie, and you will see AI everywhere. Don’t be late in your journey.

      I hope it gives you some insights Tama. Hope all the best for your journey!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *